Jumat, 06 Januari 2012

Ceruk Pasar Baru

      Tulisan saya kali ini saya akan sedikit membahas tentang yang namanya ceruk pasar, dan disini saya kan memberikan contohnya dari hasil pemikiran saya. Yang namanya ceruk pasar di bidang marketing adalah suatu peluang usaha dimana belum ada, ataupun masih sedikit orang yang berusaha di bidang itu. Jadi istilahnya orang yang berusaha di suatu ceruk pasar, adalah orang yang tidak ikut jalan utama dibidang pemasaran atau bergerilya. Apakah jika tidak ikut pasar yang sudah ada produk kita bisa laku? Bisa saja, banyak kok produk yang sama sekali baru, tapi mereka bisa laku dan memiliki pangsa pasar mereka sendiri. Saya sebut sedikit contoh saja, misalnya dari produk susu. Kalau dulu mungkin kita berpikir yang namanya susu itu buat anak anak, untuk membantu pertumbuhan dan membuat anak menjadi cerdas (kalau di iklan kebanyakan bilangnya begitu), walaupun orang dewasa-pun boleh mengkonsumsinya. Tapi coba kita lihat sekarang, ada beberapa jenis susu yang target pasarnya bukan anak anak seperti biasanya. Seperti susu L'Men, dari iklannya saja sudah jelas itu bukan susu buat anak kecil. Nah, disini L'Men mencoba ceruk baru pada produk baru dimana dia mencoba membuat produk susu untuk orang dewasa (lebih menuju ke pria). contohnya seperti itu tadi.

        Untuk mencari sebuah ceruk pasar kita bisa melakukan cara segmentasi, atau membagi pasar menjadi beberapa kategori kelompok. kemudian kita tentukan apa produk yang bisa kita buat dari target pasar tadi. Saya mencoba mencari ceruk pasar untuk anak sekolah (SD, SMP, SMA), dengan produk kaos kaki. Disini saya mencari ceruk baru yaitu berupa kaos kaki reversible (bolak balik). Ide ini berasal dari adanya keadaan dimana kaos kaki  untuk anak sekolah harus sesuai dengan seragam sekolah  yang mereka pakai, seperti ketika memakai seragam putih  mereka harus memakai seragam putih, dan ketika memakai seragam pramuka mereka memakai kaos kaki hitam/ warna gelap. Di sini saya mengambil ide untuk membuat kaos kaki yang menggabungkan 2 warna sekaligus seperti putih dan hitam tadi, tujuannya untuk tidak perlu repot repot membeli 2 kaos kaki dengan warna yang berbeda, tapi bisa hanya dengan membeli satu kaos kaki yang memiliki 2 warna namun pemakaiannya dapat di bolak balik. Pengembangan ini juga didasari dari adanya model kaos kaki anak sekolah yang memiliki bagian alas lebih gelap dengan tujuan agar tidak terlihat kotor, yang pada akhirnya banyak produsen kaos kaki yang mengikuti model desain seperti ini. Dengan keadaan seperti tadi ada kemungkinan pengembangan kaos kaki reversible ini bisa  laku dipasaran.

      Kita mungkin bukan pemimpin pasar, tapi kita bisa membuat sebuah ceruk pasar baru jika kita bisa membuat produk yang kita buat lain dari yang sudah ada (dalam artian yang bagus) ataupun ada yang spesial. Jadi daripada kita sulit untuk memasuki pasar dengan produk yang sudah ada dipasaran, lebih baik kita buat produk kita berbeda dan membuka peluang usaha baru, dan yang namanya produk baru bukan berarti harus 100% original. Kita bisa saja menambah beberapa fitur yang membuat produk kita berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar