Kamis, 05 Januari 2012

Gramedia, sebenarnya toko apa?

          Kenapa Gramedia? bukannya semua orang tau kalau yang namanya Gramedia itu sudah pasti toko buku. Terus kenapa judul tulisan saya seperti ini, nah disini saya ingin cerita dulu sedikit. Teman saya punya tas laptop baru, terus ketika ditanya beli dimana, dia jawabnya beli di Gramedia. Nah dari sini saja sudah terjadi pertanyaan apa Gramedia itu toko buku atau bukan. kalau kita peka dan sering perhatikan, pastilah kita sadar di Gramedia gak cuma jual buku, ya mungkin yang sadar banyak sih kalau Gramedia gak cuma jual  buku, tapi apa yang peduli tentang hal seperti ini banyak? mungkin saja tidak. Selain buku, tas, Gramedia juga jual alat musik, fitnes dll, ini bukan promosi loh. Memang kenyataan seperti itu. Terus yang jadi pertanyaan kenapa kok Gramedia jual peralatan atau barang lain selain buku? apa Gramedia ingin beralih dari toko buku ke toko serba ada? dari pertanyaan ini saya ingin bahas kenapa fenomena ini ada di Gramedia, dan apa alasan mereka ketika ditanya pertanyaan pertanyaan tadi.

           Untuk menanyakan hal ini saya datang ke Gramedia Expo di Surabaya tepatnya di jalan Basuki Rahmat. Ketika disana sudah pasti barang yang di jual kebanyakan buku, tapi di bagian pojok, dan dekat pintu masuk banyak barang lain yang dijual, seperti yang saya sebutkan diatas. Kemudian saya menanyakan langsung kepada salah seorang Supervisor Selling di Gramedia Expo Surabaya yang bernama Aryo Baskoro. Kesimpulan dari jawaban beliau adalah untuk menciptakan integrasi atau hubungan antara buku – buku yang di jual di Gramedia dengan peralatan yang di jual disana, agar terciptanya suatu kesatuan. Karena jika kita menjual buku misalnya tentang olahraga ataupun musik  alangkah lebih baik jika kita juga menyertakan alat-alat yang berhubungan dengan hal hal itu tadi. Sehingga di Gramedia kita tak hanya mengetahui sesuatu berdasarkan bacaan saja namun juga dapat langsung mengintegrasikannya dengan alat alat selain buku yang di jual disana yang sesuai dengan kebutuhan dan interest kita.


           Jadi intinya Gramedia tetaplah toko buku seperti yang kita tau, namun mereka menambahkan beberapa jenis barang dagangan selain buku, yang fungsinya tetap mensuport barang dagangan utama mereka, yaitu buku  tadi. Tapi jangan berharap mereka akan berjualan bibit ikan, ataupun hewan, hanya karena mereka jual buku tentang itu ya.... 

1 komentar: